Minggu, 15 Desember 2019

Serat Suluk Gatolotjo 1



Serat Gatholoco

Serat Suluk Gatolotjo 1


Serat Suluk Gatolotjo merupakan karya sastra yang kontroversial. Itu karena identifikasi sosok dan namanya saja sudah mendorong yang membaca untuk berasosiasi jorok.

Itu tak terelakkan, karena Gatolotjo secara harafiah memang bermakna lingga. Sama juga dengan darmogandul, totok, penis, phallus atau sebutan lain yang identik dengan kemaluan laki-laki.

Untuk itu, kendati makna yang diusung serat ini menyangkut persoalan hakiki, tentang hakikat hidup dan perbincangan asal-akhir hidup, tetapi tetap saja kesan ‘porno’ itu tidak dapat terhindari.

Memang Gatolotjo secara implisit mempunyai arti seperti itu. Ini faktor yang membuat serat ini tak habis-habis menjadi bahan perdebatan. Dari masa ke masa pro-kontra tumbuh subur. Dan sempat dilarang dibaca atau diedarkan karena didekati melalui pendekatan agama-agama samawi itu. Agama wahyu.

Dalam agama wahyu, Islam, Kristen, dan Yahudi, manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan. Disebut dalam sejarah kejadian tersebut, Allah menciptakan manusia setelah malaikat diciptakan dari cahaya dan setan dari api. Manusia dibuat dari tanah hitam yang ditiupkan ‘roh Allah’.

Firman Allah : ‘Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. Apabila telah Kusempurnakan dan Kutiupkan kepadanya roh-Ku, maka hendaklah kamu bersujud kepadanya’. (Al-Qur’an 38 : 71-85)

071
"(Ingatlah), ketika Rabb-mu berfirman kepada malaikat: 'Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah." – (QS.38:71)
إِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلائِكَةِ إِنِّي خَالِقٌ بَشَرًا مِنْ طِينٍ
Idz qaala rabbuka lilmalaa-ikati innii khaaliqun basyaran min thiinin
072
"Maka apabila telah Kusempurnakan kejadiannya (Adam), dan Kutiupkan kepadanya ruh (ciptaan)-Ku; maka hendaklah kamu (para malaikat) tersungkur dengan sujud kepadanya'." – (QS.38:72)
فَإِذَا سَوَّيْتُهُ وَنَفَخْتُ فِيهِ مِنْ رُوحِي فَقَعُوا لَهُ سَاجِدِينَ
Fa-idzaa sau-waituhu wanafakhtu fiihi min ruuhii faqa'uu lahu saajidiin(a)
073
"Lalu seluruh malaikat-malaikat itu sujud semuanya." – (QS.38:73)
فَسَجَدَ الْمَلائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ
Fasajadal malaa-ikatu kulluhum ajma'uun(a)
074
"Kecuali iblis; dia menyombongkan diri, dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir." – (QS.38:74)
إِلا إِبْلِيسَ اسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ
Ilaa ibliisaastakbara wakaana minal kaafiriin(a)
075
"Allah berfirman: 'Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada, yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri, ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?'." – (QS.38:75)
قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ
Qaala yaa ibliisu maa mana'aka an tasjuda limaa khalaqtu biyadai-ya astakbarta am kunta minal 'aaliin(a)
076
"Iblis berkata: 'Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah'." – (QS.38:76)
قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ
Qaala anaa khairun minhu khalaqtanii min naarin wakhalaqtahu min thiinin
077
"Allah berfirman: 'Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang diusir." – (QS.38:77)
قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ
Qaala faakhruj minhaa fa-innaka rajiimun
078
"Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu, sampai hari pembalasan'." – (QS.38:78)
وَإِنَّ عَلَيْكَ لَعْنَتِي إِلَى يَوْمِ الدِّينِ
Wa-inna 'alaika la'natii ila yaumiddiin(i)
079
"Iblis berkata: 'Ya Rabb-ku, beri tangguhlah aku, sampai hari mereka dibangkitkan'." – (QS.38:79)
قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Qaala rabbi fa-anzhirnii ila yaumi yub'atsuun(a)
080
"Allah berfirman: 'Sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang diberi tangguh." – (QS.38:80)
قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ
Qaala fa-innaka minal munzhariin(a)
081
"sampai kepada hari, yang telah ditentukan waktunya (hari kiamat)'." – (QS.38:81)
إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ
Ila yaumil waqtil ma'luum(i)
082
"Iblis menjawab: 'Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya," – (QS.38:82)
قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لأغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ
Qaala fabi'izzatika aghwiyannahum ajma'iin(a)
083
"kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka'." – (QS.38:83)
إِلا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ
Ilaa 'ibaadaka minhumul mukhlashiin(a)
084
"Allah berfirman: 'Maka yang benar dan hanya kebenaran itulah yang Ku-katakan (diwahyukan-Nya)." – (QS.38:84)
قَالَ فَالْحَقُّ وَالْحَقَّ أَقُولُ
Qaala fal haqqu wal haqqa aquul(u)
085
"Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu, dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka (manusia) kesemuanya'." – (QS.38:85)
لأمْلأنَّ جَهَنَّمَ مِنْكَ وَمِمَّنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ أَجْمَعِينَ
Amlaanna jahannama minka wamimman tabi'aka minhum ajma'iin(a)

Setelah itu seluruh malaikat bersujud, kecuali iblis. Iblis tidak mau sujud pada manusia (Nabi Adam) dengan alasan yang menjadi ‘bahan’ manusia adalah tanah.

Peristiwa ini yang menjadikan setan sebagai makhluk yang dikutuk. Firman Allah : ‘Keluarlah kamu dari surga. Sesungguhnya kamu adalah orang yang diusir. Sesungguhnya kutukan-Ku tetap atasmu sampai hari pembalasan’.

Dalam Serat Suluk Gatolotjo pemahaman asal manusia itu tidak demikian. Tradisi sinkretisme mengental didalamnya. Dikatakan begitu, karena dalam serat ini akulturasi berbagai paham merasuk teramat dalam. Dari identifikasi sang tokoh, lingkungan dalam melakukan petualangan serta ngudarasa, mengekspresikan gejolak batinnya, berbagai paham itu campur-aduk.

Tidak mengherankan jika berbagai ‘aturan’ itu ditarik ke ‘ranah agama’, maka berbagai isme agama diketemukan dalam serat ini. Paham itu mengalir begitu saja tanpa ‘rasa bersalah’ karena bisa menimbulkan benturan akidah.

Namun jika ditarik garis lurus, di antara sekian paham itu, penyembahan roh nenek moyang sangat tinggi muatannya. Itu kental terbaca, terutama dalam ‘melihat’ asal-usul manusia hadir ke dunia.

Paham bercorak animis itu akar kehadiran Gatolotjo. Paham itu simultan tampil melalui dialog dengan kawan maupun lawan-lawan bicara Gatolotjo. Pandangan itu jelas bertentangan dengan dogma agama samawi, terutama Islam.

Tapi tak dipungkiri pemahaman seperti itu adalah ‘khas Jawa lama’. ‘Budaya terbuka’, sikap permisif etnis ini memberi ruang luas untuk segalanya masuk dan dengan mudah diterima. Kendati dengan satu catatan, tidak serta-merta paham itu dipeluk dan dijalankan sesuai syariatnya.


https://sawitplus.co/news/detail/5919/serat-suluk-gatolotjo-1--ini-sakralitas-penis-dan-vagina




Tidak ada komentar:

Posting Komentar